WANITA DAN KEDUDUKANNYA

I. WANITA SEBELUM ISLAM

– Ketakutan wanita dalam melahirkan perempuan lihat firman Allah swt. (An-Nahl : 58-59)
– Membunuh kaum wanita sejak bayi, karena takut miskin, fitnah dan menanggung malu lih. firman Allah swt. (Al-Israa’ :32)

II. WANITA SESUDAH ISLAM

– Mengharamkan tradisi jahiliyah (An-Nisaa’:19 & 22)
– Mengembalikan dari kedzaliman (hak wanita) lih. firman Allah swt (An-Nisaa’ :7).
Nabi Muhammad saw bersabda :
اَلْمَرْأَةُ عِمَادُالْبِلاَدِ إِنْ صَلُحَتْ صَلُحَ اْلبِلاَدُ وِإِنْ فَسَدَدْ فَسَدَ اْلبِلاَدُ. (رواه الديلمى)
Artinya : ” Wanita adalah cagak Negara jika wanita itu baik maka negarapun ikut baik, dan jika wanita itu rusak maka negarapun akan jadi rusak.” (HR. Atdailami).
مَا تَرَكْتُ فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَىالرِّجَالَ مِنَ النِّسَاءِ.
Artinya : ” Aku tidak meninggalkan suatu ujian yang paling berbahaya bagi laki-2 selain dari perempuan.” (HR. Bukhori dan Muslim).
إِتَّقُوْا الدُّنْيَا, وَاتَّقُوْا النِّسَاءَ فَإِنًَّ أوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ مِنَ النِّسَاءِ.
Artinya : ” Berhati2lah terhadap dunia dan terhadap perempuan, sesungguhnya fitnah yang mula2 terjadi kepada Beni Israil adalah dari perempuan.” (HR. Bukhori dan Muslim).
Firman Allah swt.
إِنَّ اْلمَرْأَةَ تُقْبِلُ فِىُصوْرَةِ شَيْطَانٍ, وَتُدْبِرُ فِىُصوْرَةِ شَيْطَانٍ, فَإِذَا رَأَىْ أَحَدُكُمْ امْرَأَةً فَأَعْجَبَتْهُ فَلْيَأْتِ أَهْلَهُ, فَإِنَّ ذَلِكَ يرُدُّ مِماَّ فىِ نَفْسِهِ.
Artinya : ” Sesungguhnya perempuan, (jika) ia menghadap ke belakang dibayangi syetan dan (jika) ia menghadap ke depan dibayangi syetan. Maka jika salah seorang kamu melihat seorang perempuan, lalu mengaguminya, hendaklah ia mendatangi (menggauli) istrinya. Sesungguhya yang demikian itu menolak apa yang terdapat dalam jiwanya.
Sabda Rasulullah saw :
خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى أَضْحَى أَوْ فِطْرٍ إِلَىاْلمُصَلىَّ, فَمَرَّ عَلَىالنِّسَاءِ, فَقَالَ : يَامَعْشَرَالنِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ فَإِنِّىأُرِيْتُكُنَّ أَكثَرَ أَهْلِ النَّارِ فَقُلْنَ: وَبِمَ يَارَسُوْلُ اللهِ؟ قَالَ : تُكْثِرْنَ اللَّعْنَ, وَتَكْفُرْنَ اْلعَشِيرَ, مَارَأَيْتُ مِنْ نَاقِصَاتِ عَقْلٍ وَدِيْنٍ أَذْهَبَ ِللُبِّ الرَّجُلِ اْلحَازِمِ مِنْ إِحْدَاكُنَّ, قُلْنَ: وَمَا نُقْصَانُ دِيْنِنَاوَعَقْلِنَا يَارَسُوْلَ اللهِ؟ قاَلَ : أَلَيْسَ شَهَادَةُ اْلمَرْأَةِ مِثْلَ نِصْفِ شَهَادَةِالرَّجُلِ؟ قُلْنَ: بَلىَ, قَالَ: فَذَلِكَ مِنْ نُقْصَانِ عَقْلِهَا, أَلَيْسَ إِذَاحَاضَتْ لَمْ تُصَلَّ وَلَمْ تَصُمْ؟ قُلْنَ: بَلَى, قَالَ: فَذَلِكَ مِنْ نُقْصَانِ دِيْنِهَا.
Artinya : Suatu ketika pada hari Idul Adha atau Idul Fitri Rasulullah saw pergi ke tempat sholat. Kemudian beliau melewati kaum perempuan. Beliau lalu bersabda, “wahai kaum perempuan, bersedekahlah kalian dan perbanyaklah istighfar, karena sesungguhnya aku meliahat kalian adalah golongan yang banyak menghuni neraka.” Mereka berkata ‘karena apa ya Rasulullah saw?’ beliau menjawab ” Kalian banyak berbuat laknat dan banyak memutuskan hubungan kekerabatan. Aku melihat ada kekurangan pada setiap dari kalian berupa agama dan akalnya dibandingkan laki-2.’. mereka bertanya ” Apa kekurangan agama dan akal kami ya Rasulullah saw? Rasulullah saw menjawab ” Bukankah kesaksian seorang perempuan adalah setengah dari kesaksian seorang laki-2 ? mereka berkata, ‘benar’. Beliau melanjutkan, ” Itulah bagian dari kekurangan akalnya. Dan bukankah jika perempuan sedang haid ia tidak shalat dan tidak berpuasa?”. Mereka menjawab ‘benar’ Rasulullah kembali bersabda, ” Itulah bagian dari kekurangan agamu”. (HR.Bukhori)
Sabda Rasulullah saw :

III. ANJURAN ISLAM TERHADAP WANITA
Ada beberapa anjuran yang harus dilaksanakan dalam kehidupan wanita :
a. Menahan Pandangan dan Senantiasa Menutup Aurat.
Firman Allah swt.
وَقُلْ ِللْمُؤْمِِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَ يبدينَ زينتهنَّ إلاَّ ماَ ظهرَ منهاَ…
Artinya : ” Dan katakanlah kepada perempuan-2 mukmin hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali (yang biasa) nampak daripadanya.” (Qs.An-Nur (24): 31)
b. Tidak melembut-2 kan suara dalam berbicara untuk menarik perhatian laki-2
Allah ta’ala berfirman :
فَلاَ تَخْضَعْنَ بِاْلقَوْلِ فَيَطْمَعُ الَّذِىْ فِىقَلبِْهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلاً مَعْرُوْفاَ. وَقَرْنَ فىِبُيُوْتِكُمْ وَلاَتَبَرَّجَ اْلجَاهِلِيَّةِ الأُوْلَى…
Artinya: “Janganlah kamu melembutkan ucapan sehingga menimbulkan keinginan pada orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik-2. dan hendaklah kamu tetap tinggal di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-2 Jahiliyah yang dahulu” (Qs. Al-Ahzab: 32-33).
c. Wanita tidak berduaan ditempat yang sepi
لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِإِمْرَأَةٍ إِلاَّ مَعَ ذِىْمَحْرَم

Artinya : ” Janganlah seorang laki-2 dengan seorang perempuan berada ditempat sepi kecuali bersama muhrim “. (HR. Bukhori dan Muslim)
d. Tidak memakai wangi-2an ketika keluar rumah.
Mengapa?
– Karena Allah swt telah meletakkan daya pikat perempuan terhadap laki-2 pada gerakan dan cara berbicaranya, demikian juga pada aroma tubuhnya.
– Karena aroma parfum akan menggerakkan nafsu birahi yang ada di hati laki-2
Sabda Nabi : ” Apabila salah seorang kamu (para perempuan) pergi ke Masjid, maka janganlah ia menyentuh wangi-2an.” (HR. Muslim).
e. Tidak bebepergian sendirian jika kepergiannya jauh.
Demi menjaga perempuan agar tidak ditimpa musibah yang tidak diinginkan. Sabda Rasulullah saw :
لاَ تُسَافِرُ امْرَأَةٌ مَسِيْرَةَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ إِلاَّ وَمَعَهَا مَحْرَمٍ.
Artinya : ” Perempuan jangan bepergian pada jarak perjalanan sehari semalam kecuali bersamanyaseorang muhrim “. (HR. At-tirmidzi)
لاَ يَحلُّ ِلإِمْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأَخِرِ أَنْ تُسَافِرَ يَكُوْنُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصَاعِداً إِلاَّوَمَعَهاَ أَبُوْهَا, أَوْأَخُوْهاَ أَوْ زَوْجُهَا, أَوْابْنَهَا أَوْذُوْمَحْرَمٍِ مِنْهَا.
Artinya : ” Tidak boleh bagi perempuan yang beriman kepada Allah dan hari akhirat bepergian untuk perjalanan tiga hari lebih kecuali ditemani ayahnya, atau saudara laki-2nya, atau suaminya atau anak laki-2nya atau muhrimnya “. (HR. Bukhori, Muslim, Abu DAud, At-tirmidzi dan ibnu Majah)
لاَ تُسَافِرُ المْرَأَة يَوْمَيْنِ ِمنَ الدَّهْرِ إِلاَّ وَمَعَهَاذُوْ مَحْرَمٍ مِنْهَا أَوْ زَوْجُهَا.
Artinya : ” Janganlah perempuan bepergian selama dua hari kecuali ditemani muhrimnya atau suaminya “. (HR. Bukhori, Muslim)

IV. WANITA DI ZAMAN MODERENISASI
Apa yang terjadi terhadap wanita di masa sekarang?
Berbagai macam tantangan yang harus ditempuhnya :
a. / Sabar
وقال عليه الصلاة والسَّلاَم اَلصُّبْرُ وَصِيَةٌ مِنْ وَصَايَاالله تَعالىفِىأَرْضِهِ مَنْ حَفَظَهَا نَجًا وَمَنْ ضَيْعَهَا هَلَكَ
Artinya :” Sabar termasuk wasat diantara wasiat Allah swt di bumi, barang siapa yang dapat menjaganya maka ia akan beruntung, dan barang siapa yang menyianyiakannya maka ia akan celaka.
اَلصَّبْرُ ثَلاَ ثَةُ أَقْسَامٍ : 1. اَلصَّبْرُ عَلىَ اْلمُصِيْبَة,
2. اَلصَّبْرُ عَلىَ اْلمَعْصِيَةْ, 3. اَلصَّبْرُ عَلىَ التَّقْوَىْ
Ada tiga macam sabar yaitu :
1. Sabar terhadap Mushibah
اَلَّذِيْنَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيْبَة َقَالُوْا إِنَّا ِلله وَإِ نَّا إِلَيْه رَاجِعُونْ
Artinya :Jika diantara kalian semua terkena musibah, maka menjawablah kalian dengan lafadz Innalillahi wainna ilaihi rojiun.
2. Sabar terhadap Maksiat
3. Sabar atas takut pada Allah swt.
إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَاللهِ أَتْقَاكُمْ…
Artinya : ” Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu disisi Allah swt adalah yang paling taqwa”. ( Qs. Al-Hujuraat(49): 13).
وقال النبىصلىالله عليه وسلم الله أَوْحَىاللهُ تعالى إِلَى موسى بن عمران عليهما السلام يَامُوْسَى مَنْ لمَ ْيَرْضَى بِقَضَائِىْ وَلَمْ يَصْبِرْ عَلىَ بَلاَئِىْ وَلَمْ يَشْكُرْ نِعْمَائِىْ فَلْيَخْرُجْ مِنْ بَيْنِ أَرْضِى وَسَمَائِى, وَلْيَطْلُبْ لَهُ رَباًّ سِوَائِى.
Artinya : ” Nabi bersabda’ Allah swt memberi wahyu kepada Nabi Musa bin Imron As’. “Wahai Musa barang siapa yang tidak ridlo dengan ketentuanku, dan tidak sabar atas cobaanku, dan tidak mensyukuri segala nikmatku, maka keluarlah dia dari antara bumi dan langitku, dan mencari Tuhan untuknya selain diriku.
b. / Manjahui hal-2 yang sifatnya tercela
1. Riya’ 7. Ujub
2. Takabbur 8. Al-Hikdu
3. Sum’ah 9. Namimah
4. Ghibah 10. Al-Ghurur
5. Hasud 11. Ad-dzulmu
6. Bakhil
عن ابى هريرة رضى الله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال. أَتَدَرُوْنَ بِاْلِغيْبَةِ ؟ قالوا الله أعلم ورسوله قال ذِكْرُكَ اَخَاكَ بِمَا يُكره قيل افرأيت إن كان فى اخى ماأقول ؟ قال إن كان فيه ماتقول فقد اَغْنَبْتَهُ وإن لم يكن فيه ماتقول فقد بهته (رواه مسلم).
Artinya : “Dari Abu Hurairah Ra. Sesungguhnya Rasulullah Saw. Bersabda ” Apakah kalian tahu tentang Al – Ghibah (rasanan)? Sahabat nabi menjawab Allah dan Rasulnya yang maha tahu. Rasulullah saw. berkata pembicaraan kamu terhadap saudaramu dengan sesuatu yang yang tidak disukai, dikatan apa kamu tahu jika ada sesuatu pembicaraan tersebut seperti yang aku ucapkan (benar)? Nabi menjawab jika ada sesuatu pembicaraan itu benar, maka itu namanya adalah ghibah/rasanan. Dan jika pembicaraan itu tidak benar, maka pembicaraan tersebut dinamakan fitnah. (Diriwayatkan oleh Imam Muslim).
V. Materi yang kedua :
Wanita Hidup dalam keharmonisan
– Langkah-2 apa, agar hidup itu selalu harmunis?
– Bagaimanakah memilih pasangan Hidup?
– Apakah kesetaraan merupakan salah satu unsur
penting dalam memilih pasangan hidup?
– Bagaimana anda menjadi sosok pribadi yang tepat
bagi pasangan anda?

Tentang Muhammad Khofifi

beragam aktifitas selalu mengakrabi kehidupan Muhammad Khofifi, eksdemonstran kelahiran desa Bulupitu gondanglegi Malang Jawa timur pada tanggal 18 Maret 1985 ini menempuh TAMAN KANAK-KANAK IBNU HAJAR LULUS PADA TAHUN 1999/1990 pendidikan MI MIFTAHUL ULUM Bulupitu lulus pada tahun pelajaran1994/1995 kemudian MTs IBNU HAJAR BULUPITU lulus pada tahun pelajaran 1998/1997 kemudian mengabdi di dalem ponpes Al HAFILUDDIN KYAI HMUHAMMAD SHOLEH selam 2 tahun kemudian melanjutkan sekolah MA di MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL ULUM tahun pelajaran 2001/2002 kemudian lulus pada tahu 20004/2005 lulus kemudian tugas mengajar selama satu tahun di Pulau GARAM " madura" didesa pao paleh laok ketapang sampang madura kemudian pulang karna tidak kerasan kemudian bekerja menjadi Staff Perpustakaan selama satu tahun kemudian diangkat menjadi staff TU administrasi sampai sekarang kemudian kuliah di STAI AL QOLAM.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s