KIAT JITU MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

BUKU-BUKU

BUKU-BUKU

“Wuaduuuuh.. temen2 gw banyak yang stress neh…. bentar lagi udah mo UN…gimana ya menghadapinnya ? apa perlu gw bakar aja nih semua bukunya terus ampasnya gw bikin kopi n gw minum ????”, atau gw kunyah aja nih bukunya satu-satu sebelum tidur ????”, “Aaah…bodo amat dah… gimana ntar aja dah, mo lulus kek, kagak lulus kek, emang gw pikirin….!!!”

Hahahaha… .. bingung yaaa….!!! gak segitu kaleee…..!!!
Nyantai bro.. kagak prlu lo-lo pada bingung-bingung, asal lo-lo pada ngikutin nih tips dr gw punya..dijamin deh..lo pasti akan lebih tenang untuk  siap ngadepin nilai 5,5 tuh rentetan soal2 UAN yang njelimet sekalipun….!!!. Begini bro tips-nya :
1. Mantapkan Hati dan Pikiran Kamu
kamu harus mantapkan hati dan pikiranmu, bahwa UAN itu bukan monster yg menakutkan, tapi satu periode sejarah hidup mu yang sudah seharusnya kamu lalui guna menggapai Cita-citamu, kamu yakinkan diri ! Klo kamu orang yang pasti bisa !!!!, UN ?? siapa takuut choy… !

2. Bikin Strategi ‘n Jadwal Belajar
Mulai dari -3 hari sebelum Jadwal UN sampai hari ini, tinggal berapa hari lagi ?, ini penting kawan ! buat kamuyang selalu ingat kapan kamu akan ujian. Terus kamu tentuin deh waktu yang paling kamu suka buat belajar dalam 1 hari (paling nggak 2 jam dgn penuh konsen).
3. Kumpulkan Soal – Soal Try Out Semua Mata Pelajaran UN
Kegiatan ini harus kamu orang lakukan mulai sekarang, nggak usah terlalu banyak deh minimal setiap mata pelajaran ada 2-3 model soal dari sumber berbeda. Paling enggak ini bisa membantu kamu untuk fokus pada materi setiap mata pelajaran, jadi pada saat kamu mau belajar, kagak perlu lagi-lagi buang2 waktu untuk mikir materi mana yang harus kamu pelajari. Untuk yang ini kamu-kamu orang bisa liat link2 di sebelah….. choy. dijamin lengkap deh soal-soalnya.
4. Belajar
Nah, sekarang kamu sudah punya strategi dan bahan yang kamu pelajari, selanjutnya kamu harus mulai belajar, caranya gini : dari hasil point no.2  punya berapa hari ? Terus kamu bagi dengan mata pelajaran yang mau diujikan di UN (sesuai bahan Try Out yang udah kamu dapetin). Terus kamu harus konsultasi sama guru-guru kamu di kelas maupun di luar jam pelajaran, kalau ada soal-soal yang kamu kagak ngerti atau kagak bisa. Atau bisa juga ke teman2 kamu yang kamu anggap paling pinter di kelas, okey ??!!. Dan jangan lupa kamu harus buat catatan2 kecil . di buku kecil doong…tentang hal2 yang kamu anggep penting choy..jangan semuanya !!!, contohnya rumus2, istilah2 dll.

5. Ibadah dan Berdo’a
Nah yang ini juga harus kamu lakukan…sebab ketenangan bisa kamu dapatin melalui banyak ibadah dan berdo’a kepada Allah. Yakinilah juga bahwa DIA pasti menolong hambanya yang minta pertolongan dari-NYA. Ini yang harus kamu lakukan  rutinitas tiap mao belajar dan selesai belajar choy…! tapi ingat !!! jangan berdo’a melulu kalau kagak belajar..sama juga boong choyy !!
6. Dua Hari Sebelum UN Tenangin Diri
Dua hari sebelum UN dimulai kamu-kamu kagak usah pegang tuh buku ,Soal2, cukup lo pegang tuh catetan kecil , kamu baca2 sambil nyantai choy… di mall kek atau di tempat2 kesukaan kamu nongkrong. Pokoknya 2 hari ini harus gunakan untuk bersantai, nenangin pikiran dan fokuskan konsentrasi. dan ingat !!! jangan buat masalah !! dengan ortu, pacar, temen dan lain sebagainya. Tapi ingat choy, tahapan ini bukan berarti kamu-kamu orang malah kenyantaian… terus maen2 kagak karuan… ingat yah ini tahapan kamu untuk memantapkan pikiran dan konsentrasi kamu-kamu semua.
7. Waktu Pelaksanaan UN
Waktu pelaksanaan UN berjalan ini yang harus kamu-kamu perhatiin choy :
a. Berdo’a n minta restu ortu , karena do’a ortu menambah ketenangan kamu choy……!
b. Mantapkan hati, jangan ada keraguan sedikitpun akan kemampuan kamu,dan siap menghadapi apapun yang terjadi.
c. Berangkat dari rumah perkirakan sampai di tempat UN setengah jam sebelum waktunya.
d. Jaga konsentrasi dengan nggak usah banyak ngobrol ma orang dan temen.
e. Sebelum buka soal-soal, jangan lupa berdo’a lagi dan tenangin pikiran dan konsentrasi barang lima menit aja, baru deh kamu hadapin tuh soal-soal.
f. Apapun hasilnya yang kamu bisa  harus tetap berdo’a … dan hasil itu adalah sudah kepastian dari usaha kamu sendiri selama ini, pasrahkan aja…gak usah kamu pikirkan lagi choy… camkan !! “ Kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda “, jangan putus asa choy !
Begitu aja dulu deh tips dr gue… kalau kamu-kamu orang ngelakuin, saya yakin deh..kagak bakalan kamu-kamu orang gagal di UN, boleh kamu coba deh… dan kalu kamu-kamu orang gak perlu bingung2 lagi kan…???!!!!

Tentang Muhammad Khofifi

beragam aktifitas selalu mengakrabi kehidupan Muhammad Khofifi, eksdemonstran kelahiran desa Bulupitu gondanglegi Malang Jawa timur pada tanggal 18 Maret 1985 ini menempuh TAMAN KANAK-KANAK IBNU HAJAR LULUS PADA TAHUN 1999/1990 pendidikan MI MIFTAHUL ULUM Bulupitu lulus pada tahun pelajaran1994/1995 kemudian MTs IBNU HAJAR BULUPITU lulus pada tahun pelajaran 1998/1997 kemudian mengabdi di dalem ponpes Al HAFILUDDIN KYAI HMUHAMMAD SHOLEH selam 2 tahun kemudian melanjutkan sekolah MA di MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL ULUM tahun pelajaran 2001/2002 kemudian lulus pada tahu 20004/2005 lulus kemudian tugas mengajar selama satu tahun di Pulau GARAM " madura" didesa pao paleh laok ketapang sampang madura kemudian pulang karna tidak kerasan kemudian bekerja menjadi Staff Perpustakaan selama satu tahun kemudian diangkat menjadi staff TU administrasi sampai sekarang kemudian kuliah di STAI AL QOLAM.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke KIAT JITU MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

  1. wiki berkata:

    manteeeeeeeeeeeeepppppp broooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

  2. ady berkata:

    thankss bwt tips nya!!! ok lh klo bgtu!!! insya allah bkl w jlanin!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s